Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cara Menginstal Linux openSUSE 11.1 Berbasis Text

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div> 3 comments

Pertama anda harus siapkan DVD openSUSE 11.1. Atau anda bisa download dibawah ini.

Download openSUSE 11.1.ISO


Save to Pdf

Berikut Langkah - langkahnya :

1. Masukkan DVD yang di dalamnya ada program Linux Open Suse 11.1, kemudian atur BIOSnya tekan tombol del atau F2. Atur booting bios dengan CD-ROM sebagai boot pertama dan Hardisk pada boot ke-2 seperti pada gambar dibawah. Sesudah mengatur BIOS tekan F10 untuk menyimpan lalu tekan enter pada 'Yes'.





2. Setelah komputer me-restart DVD Linux akan booting secara otomatis. Seperti gambar dibawah.



3. Pada tampilan menu installasi openSUSE, tekan F3 kemudian atur dengan menggunakan text mode. Lalu pilih installation.





4. Maka akan ada gambar seperti di bawah ini yaitu proses loading kernel dan loading file.





5. Setelah itu kita akan memilih bahasa dan tipe keyboard , saya anjurkan kita memilih bahasa English (US) dan keyboard English (US). Lalu tekan Alt+N untuk melanjutkan…



6. Maka dengan otomatis akan menginstall System Probing seperti gambar dibawah ini…



7. Karena kita baru sekali ini menginstall Linux openSUSE Pilih New Installation. Tekan Alt+I untuk memilih New Installation dan tekan Alt+N untuk melanjutkan…



8. Disini kita akan memilih zona waktu. Pada pilihan Clock and Time Zone kita pilih Asia, dan pada pilihan Time Zone kita pilih Jakarta. Setelah itu kita tekan Alt+N untuk melanjutkan…



9. Disini kita akan memilih tampilan untuk linux, karena kita akan menginstall dengan berbasis text, maka pilih Minimal Server Selection (Text Mode). Dengan menekan tombol Alt+O, kemudian Alt+I. Kemudian Next.


10. Setelah itu proses partitioning. Pada proses ini kita bisa memilih create untuk memanage partisi sendiri atau pilih Next untuk melanjutkan dan partisi secara otomatis. Pada partitioning saya memilih Next.



11. Setelah itu kita akan mengisi user name pada isian dibawah ini dan mengisi password untuk admin yang mau mengoperasikan komputer. Pada menu ini saya menghilangkan tanda pada semua menu. Agar tidak dapat login root secara otomatis saya hilangkan tanda pada Automatic Login dan kemudian pilih Next untuk melanjutkan (Alt+N)






12. Setelah itu kita akan mengisi password root user seperti moderator atau operator utama yang mengoperasikan computer tersebut. Kemudian Next (Alt+N).




Karena saya memilih Next maka secara otomatis partisi terbentuk seperti gambar dibawah.


13. Setelah itu kita pilih Install (Alt+I)


14. Setelah itu proses installasipun berjalan. Tunggu hingga proses tersebut selesai.





15. Setelah semuanya selesai dilakukan maka akan muncul gambar seperti dibawah ini. Pertanda bahwa installasi telah selesai dilaksanakan dan linuxpun siap dijalankan atau dioperasikan.

Tampilan awal pada saat linux selesai di instal




3 comments:

Posting Komentar

 
Terimah kasih atas kunjungan anda. Tambahkan komentar atau saran baik lewat facebook comment atau blogger comment demi perubahan yang lebih baik pada blog ini. Dan jika anda berkenan tautkan website anda akan saya pholow.
Page